CEPU

CEPU
GAGAK RIMANG

Kamis, 19 November 2015

SERABI CEPU



Ini Makanan Unik Khas Cepu, Jawa Tengah




SERABI Serabi Bakar
Istilah diatas mungkin bukanlah istilah asing bagi wilayah Jawa Tengah. Karena istilah serabi juga bisa bermetaforfosis menjadi beberapa nama, diantaranya Surabi, Serabeh, dan Serabi. Kota Solo mungkin salah satu kota yang mempunyai makanan yang sama. Namun bedanya, serabi Cepu adalah makanan bagi buta yang juga hanya tersedia di pagi buta atau setelah subuh.
Biasanya, penjula serabi ini menjajakan daganganya dengan ‘live’. Artinya proses pembakaran serabi dilakukan terbuka di tepi-tepi jalan. Sang tukang pembuat serabi dengan santainya menuangkan adukan serabi yang terbuat dari tepung beras dan santan di depan banyak pembeli.
Sementara asap kayu jati yang menjadi bahan baku utama pembakaran plus aroma serabi yang mulai matang membuat suasana ‘demo masak’ serabi menjadi semakin seru.
Ketika matang, pembelipun bisa langsung ambil dan makan. Hanya dengan sedikit taburan parutan kepala setengah tua, serabi Cepu siap menggoyang lidah anda.
Bahannya yang terbuat dari tepung beras, membuat kita cukup merasa kenyang hanya dengan beberapa lembar saja. soal harga jangan tanya. Cukup Rp 500 per lembar sudah membuat kita puat dengan makanan khas yang nikmat dan sehat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar